Pengalaman Tes Kerja: United Overseas Bank (UOB) - GDP

Sebenernya test ini gue lakukan tahun lalu sih, sekitar bulan Desember 2017-Januari 2018. Yaa, ngga lama-lama amat sih... cuman udah ngga fresh juga hehehe.

Logo United Overseas Bank (UOB)


Ini termasuk test-test kerja pertama gue, yang ke-2 to be exact. Gue daftar lewat apa yaa... lupa. Kalo ngga salah sih lewat website langsung. Nah awalnya gue itu daftar yang program MDP (ini buat S1 atau S2, lebih lama programnya), cumaaa di salah satu tahap (online interview) gue agak messed up gitu. Gue jelasin lengkapnya nanti. Intinya gue ngga lolos tes interview MDP, tapi hasil online assesment gue sangat baik sehingga mereka teep mempertahankan gue dan mengalihkan jalur gue ke GDP (buat D3 dan S1).

Jadii, awalnya ya administrasi. Setelah lolos, gue dikirimin undangan buat ikut online assesment gitu di sebuah website yang gue lupa namanya apa. Gue cuma inget soalnya susah banget, ada soal analisis bisnis gitu... dalam Bahasa Inggris. Mati ngga tuh gueee, ngerjain soal yang dalam Bahasa Indonesia aja gue ngga paham, eeeh ini pake Bahasa Inggris lagi wkwkwkw. Soal-soal lainnya yaa biasa, hitungan dasar, grammar dan verbal reasoning. Pokoknya yang biasa keluar di assesment perusahaan multinasional, deh (sori gue lupa hehehehe). Nah, ada satu tes lagi yaitu ONLINE INTERVIEW. Ini nih yang tadi gue ceritain! Gue turun kasta program karena ini wkwkwkw.

Jadi gue mesti download suatu aplikasi buat melakukan interview ini. Nah, ini kan pengalaman pertama gue interview lewat video gini... gugup setengah mati dong, gue! Pas ngeliat muka gue di kamera... yaallah jelek banget siiih manusia ini :( Jadi makin gugup kan gue! Apalagi interviewnya itu cuma ngga berbalas-balasan, jadi kita dikasih pertanyaan dalam bentuk tulisan, terus kita jawab dan direkam. Interview-nya pake Bahasa Inggris, dan ada batas waktunya. Jujur gue ngga suka interview kaya gini, gue ngga bisa improve percakapan dan gue ngga bisa fokusin tatapan gue ke kamera... karena berasa ngga punya lawan bicara. Dan yaaa, banyak banget pertanyaan yang gue jawabnya ngga selesai, mata ngeliatnya ke mna-mana, angle kamera goyang-goyang, dsb. Gue udah pesimis sih pas tahap ini, tapi ya seperti yang gue udah ceritain tadi, mereka sepertinya mempertimbangkan hasil online assesment gue dan memilih untuk mengalihkan program gue (daripada menggugurkan gue).

Tahap selanjutnya, masih tes online dong! Tapi kali ini bentuknya game, jadi asik ngerjainnya. Sebenernya yaa dasar permainan ini kaya tes numerikal biassa sih; ada deret, hitung-hitungan, pola, dsb. Cuma ya lebih santai aja ngerjainnya. Puji Tuhan gue lolos lagi di tahap ini dan lanjut ke tahap assesment selanjutnya: Focus Gorup Discussion!

Aduuh gue agak-agak lupa sih detail hari tes itu. Gue inget kita ada dikasih kertas gede banget, terus dikasih kasus juga. Nah kita diminta buat solusi kasus tersebt dan jabarkan di kertas tadi. Selanjutnya, kita dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil. Masing-masing kelompok diminta mendiskusikan kasus tersebut dan menyimpulkan satu keputusan terbaik. Stelah itu, masing-masing kandidat juga diminta mempresentasikan penawaran solusinya (termasuk yang dituliskan di kertas dan dibahas di kelompok) kepada tim rekrutmen. Setelah itu, kita diinterview juga tentang kepribadian kita (ala-ala interview HR laah). Ets belum selesai di situ, ada satu tes lagi yaitu ROLEPLAY. Ini nih yang bikin gue pengen pulang hahaha. Gue diposisikan sebagai seorang... astaga lupa gue namanya apa... dan diberi sebuah kasus. Jadi gue diminta melakukan drama kecil-kecilan di mana gue berperan sebagai pihak UOB dan interviewer sebagai klien. Jujur gue ngga ngerti apa-apa tentang bank wkwkw, bahkan gue nanya beberapa kali ke Ibu interviewer tentang beberapa istilah. Haaah agak hopeless, sih gue sebenernya. Tapi entah atas mujizat apa, gue lolos ke tahap selanjutnya hahaha. Tahap selanjutnya adalah: INTERVIEW USER.

Seperti Interview User ada umumnya, yang mewawancarai pada test tahap ini adalah para petinggi-petinggi... yaa Manager dan jajarannya, lah. Oh iya... ditahap ini gue baru tahu kalo jabatan yang gue daftar itu, adalah nama lain dari Sales (bagian penjualan). Entah kenapa pas tahu itu gue kaya kaget gitu, agak kecewa... karena passion gue bukan Sales. Jujur gue bingung dan pengen pulang.. tapi ya udah terlanjur datang dan nama gue dipanggil di awal juga. Akhirnya masuklah gue ke sebuah ruangan yang menurut gue dingin banget. Gue lagi pake dress potongan pendek gitu, jadi dingin banget anjir. Belum lagi pas liat dua user-nya yang jutek-jutek amat, langsung lemah mental gue hahaha. 

Intinya gue ditanyain tentang B A N K. Tau apa gue tentang bank, kinerja bank dan cara bank mendapat keuntungan seperti apa, siapa klien-klien bank. Gue ngga tau apa-apa soal bank, daftar ini pun awalnya ogah-ogahan dan iseng aja... apalagi setelah tau ternyata ini diarahkan untuk Sales. Gue tahu gue keliatan banget ngga tau apa-apa tentang Bank. Terus mereka nanya juga gue lebih seneng hapalan atau hitungan, pernah jualan belom, punya online shop, pengalaman jualan di kampus, suka jualan apa engga. Di sini gue udah ngga ada niatan buat cari muka... gue jawab semua sejujur-jujurnya: ENGGAK. Dan ya, di situ gue tahu gue bakal berakhir di tahap ini.

Dan benar wkwkwkw, gue ngga lanjut lagi. Padahal kemarin itu udah tahap akhir hfft.

Gue ngga menyesal sama sekali, jujur. Karena gue percaya pada prinsip melakukan pekerjaan sesuai passion. Gue ngga setuju dengan pernyataan: "Jalanin aja dulu, siapa tahu nanti cocok dan bisa jadi ahli di sana." Enggak. Gue percaya ada banyak lowongan dan posisi lain yang sesuai dengan gue, yang menunggu untuk gue hampiri. Hehe.

Yak jadi begitulah kira-kira pengalaman test gue di UOB. Semoga bisa bermanfaat, ya! Semangat selalu :)

0 Komentar